Sunday, June 12, 2011

saTu Kata beRnama "iHsaN"


iHsan…
aku tercengang dengan sebuah kata ini….”ihsan”, kau tau apa arti kata itu?, bagiku tak ada penjelasan yang bisa mengungkapkan sebaik-baiknya makna yang ada dalam kata itu…yah, mungkin beberapa perumpamaan dan kiasan akan membuatmu sedikit lebih punya gambaran, akan tetapi lagi-lagi tidak benar-benar mengungkapkannya secara utuh….karena keindahan “ihsan” tak akan terasa hingga kau benar-benar melakukannya.

“ihsan” seperti partikel-partikel positif yang memenuhi semua udara jika dibayangkan, dan akan membuat kebahagiaan yang berbeda-beda tergantung pelakunya jika telah dilakukan…seakan-akan mendapatkan sesuatu yang paling kau sukai……
jika bagimu ketenangan adalah kebahagiaan yang paling kau tunggu, maka “ihsan” menghasilkan itu. atau jika kau menganggap “membuat oranglain bahagia” adalah bahagiamu, maka dengan “ihsan” pun kau pasti akan merasakannya. Begitu juga jika kau mungkin hanya mengharap “pahala” atau “balasan” atas apa yang mungkin kau lakukan, “ihsan” akan membuatnya dobel untukmu…., balasan di dunia…dan investasi di akhirat.

Ihsan adalah kebajikan….berbuat baik. Tapi ihsan bukanlah sekedar kebaikan biasa. Dia adalah puncak kebaikan. ihsan tidak hanya jika kau berbuat baik pada oranglain yang juga bersikap baik padamu. Karena, jika begitu..belum bisa dikatakan “berbuat baik”, melainkan baru “balas jasa”…yah…kau bersikap baik karena oranglain juga bersikap baik.

Ihsan tidak sekedar itu… dia bukan sekedar kebaikan biasa. Dikatakan ihsan, jika kau sanggup berbuat baik bahkan pada orang-orang yang menyakitimu dan memperlakukanmu dengan buruk. Intinya…”memperlakukan oranglain lebih baik dari perlakukannya kepadamu”. Oleh karena itu, makna ihsan..lebih tinggi daripada adil…karena adil berarti “memperlakukan oranglain sama dengan perlakuannya padamu”… sedang ihsan…menyiratkan arti “lebih” bahkan “yang terbaik”.

Banyak perumpamaan dan pendekatan untuk menggambarkan ihsan. Diantaranya, ihsan dimaknai dengan “berbuat atau melakukan sesuatu seakan-akan kita melihat Allah, atau dilihat Allah. Sehingga kita senantiasa terdorong untuk melakukan yang terbaik, dan bersungguh-sungguh dengan apa yang kita lakukan.”.

Selain itu, ihsan juga dimaknai dengan “melakukan kebaikan pada orang lain lebih dari melakukan hal baik untuk diri kita sendiri”. Melihat kebutuhan diri kita pada oranglain, sehingga pada akhirnya akan mendorong kita untuk terus memberikan dan melakukan yang terbaik untuk orang lain..sebuah “kebaikan” yang indah..
Tak terbayangkan jika semua orang memiliki mental “ihsan”, tiap-tiap orang seakan berlomba memperlakukan oranglain dengan baik, saling berupaya untuk memberikan yang terbaik. Al-hasil…tidak akan membutuhkan waktu lama untuk membangun masyarakat yang berkualitas.



2 comments: