Friday, May 21, 2010

Ayat-ayat Makkiah Madaniah 5

E. Urgensi mempelajari Makkiah dan Madaniah.

Pembahasan tentang ilmu Makkiah dan Madaniah merupakan salah satu cabang ilmu Al-Qur’an yang penting untuk diketahui. Abul Qasim al-Hasan bin Muhammad bin Habib an-Naisaburi dalam kitabnya at-Tanbih ‘ala Fadhli ‘Ulumil Qur’an seperti yang dikutip oleh az-Zarkasyi menyatakan bahwa diantara ilmu-ilmu Al-Qur’an yang paling mulia adalah ilmu tentang turunnya Al-Qur’an. Selanjutnya beliau menyebutkan 25 macam ilmu yang terkait dengan ilmu Nuzul Qur’an tersebut diantaranya ilmu yang mempelajari tentang urutan turunnya ayat Al-Qur’an diMakkah dan Madinah. Beliau mengatakan bahwa orang yang tidak mengetahui kedua puluh lima macam ilmu dan tak dapat membedakannya, maka ia tidak berhak berbicara tentang Al-Qur’an.

Adapun pentingnya mengetahui Makkiah dan Madaniah, diantaranya sebagai berikut :

1. Dengan mengetahui Makkiah dan Madaniah kita dapat membedakan antara ayat yang nasikh dan mansukh jika terdapat makna yang kontradiksi. Jika kita mengetahui dari kedua ayat yang kontradiksi tersebut salah satunya Makkiah dan lainnya Madaniah, maka yang turun belakangan (Madaniah) menghapus yang turun lebih dahulu (Makkiah).

2. Kita dapat mengetahui metode dan ciri khas dakwah yang diajarkan Islam lewat Nabi saw. bahwa tema yang diangkat dan gaya bahasa (retorika) dalam berdakwah dapat berbeda dengan melihat kondisi dan sasaran dakwah tersebut.

3. Dengan mengetahui Makki dan Madani kita bisa melihat gaya bahasa Al-Qur’an dimana susunan bahasa yang dipakai sesuai dengan kenyataan kepribadian lawan bicaranya (sasarannya).

4. Kita dapat melihat pembentukan dan penerapan syari’at islam yang ditempatkan pada proporsi yang tepat secara bertahap tergantung kesiapan ummat.

5. Mengetahui sejarah hidup Rasulullah saw. melalui ayat-ayat Al-Quran, karena sebab turunnya wahyu sejalan dengan sejarah dakwah dan segala peistiwanya, baik dalam periode Makkah maupun Madinah.

Itulah bebarapa diantara urgensi mempelajari Makkiah dan Madaniah. Dengan mengetahui ilmu tersebut selain akan dapat menambah keyakinan kita bahwa Al-Qur’an yang sampai kepada kita memang benar-benar terhindar dari perubahan dan penambahan dari aslinya , kita juga diharapkan mampu memahami dan menafsirkan Al-Qur’an dengan pemahamam yang benar, sekaligus menerapkan bimbingan dan ajaran yang terdapat didalamnya dalam kehidupan kita didunia.

No comments:

Post a Comment